Beranda Sosial Budaya

Jarot-Mohklis Diharapkan Bisa Menjadikan Bendungan Batu Bulan Petumbuhan Ekonomi Baru

45
0

Sumbawa-Ada harapan besar warga masyarakat Desa Batu Bulan Kecamatan Moyo Hulu kabupaten sumbawa dititipkan kepapada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati sumbawa dari nomor urut 5 Jarot-Mohklis.

Warga batu bulan berharap kepada pasangan Jarot-Mohklis untuk menjadilan bendungan batu bulan sebagai wilayah pertumbuhan ekonomi baru di kecamatan moyo hulu.

Harapan ini disampaikan langsung oleh tokoh masyarakat yang mewakili keinginan warga setempat dari dusun batu bulan desa batu bulan moyo hulu  H.Jemantan,sabtu(21-11-2020) dirumahnya.

Ia menilai selama ini bendungan batu bulan cuma dijadikan sebagai bendungan untuk kebutuhan penyuplaian air lahan pertanian itupun tidak berjalan maksimal untuk pemenuhan kebutuhan air lahan pertanian milik warga setempat dikarenakan air yang mengalir dari bendungan batu bulan cuma melintasi desa batulan karena tidak adanya semacam penampungan air di dalam desa batu bulan untuk disebarkan ke sawah-sawah milik warga setempat.

Kedepan warga setempat berharap ketika nantinya pasangan Jarot-Mohklis menjadi bupati dan wakil bupati sumbawa agar mampu melahirkan terobosan-terobosan baru dalam pengelolaan air bendungan yang terbesar di NTB ini dengan luas 932 hektar ini mampu mengairi areal pertanian seluas 5.100 hektare.

“kami berharap,ada pertumbuhan ekonomi baru dari keberadaan bendungan batu bulan,misalnya kedepan dapat didukung dengan prasarana seperti ada tempat penyedian lapak bagi para pedang agar warga yang berkunjung nantinya bisa mencicipi masakan dan makanan yang disediakan oleh pedagang-pedang dari batu bulan,”harapnya kepada pasangan Jarot-Mohklis.

Selama ini Bendungan batu bulan cuma dijadikan tempat berekreasi tanpa ada pasilitas yang mampu mendongkrak perekonomian dibidang usaha mikro kecil menengah yang menyediakan segala kebutuhan pengunjung.

Untuk itu melalui pasangan Jarot -Mohklis agar nantinya warga setempat bisa lebih diberdayakan lagi dalam bidang UMKM dalam memanfaatkan keberadaan bendungan Batu Bulan sehingga melahirkan perkonomian bari di wilayah moyo hulu.

“andai kata di berdayakan lebih lagi mungkin lebih bagus sehingga memberikan hasil yang tentunya lebih baik pula untuk pendapatan dan pembangunan daerah juga membuka lapangan kerja bagi warga kami yang berada disekiraran bendungan batu bulan ini,”ujarnya.

Ditempat lain,H.Syamsuddin tokoh masyatakat dusun ai masam batu bulan kecamata moyo hulu menyatakan ketertarikannya kepada pasangan Jarot-Mohklis dikarenakan calon ini adalah sosok pigur calon yang baru muncul dengan program-program yang dinilai lebih mementingkan kesejahteraan rakyat serta diyakini akan lebih mampu membawa sumbawa lebih maju dan bersaing dengan daerah lainnya.

Melalui kesempatan itu pula,ia menyampaikan beberapa harapan kepada pasangan Jarot-Mohklis kelak terpilih menjadi pemimpin sumbawa agar lebih memperhatikan keluh kesah para petani karena saat ini para petani belum bisa sejahtera dari hasil panen mereka.

Hal ini dikarenakan,segala kebutuhan petani seperti pupuk sangat langka,obat-obatan untuk perawatan tanaman mahal,harga gabah jauh dibawa standar sehingga petani tidak akan mendapat kesejahteraan dari hasil pertanian.

“ya semoga nantinya pasangan ini terpilih menjadi pemimpin sumbawa,agar lebih memperhatikan para petani dengan menaikan harga jual hasil panen seperti padi dan jagung,pupuk tidak sulit lagi dan harga obat-obatan untuk pertanian tidak melambung tinggi harganya,” katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa selama belum ada bibit yang berkwalitas bantuan dari pihak pemerintah kepada petani,untuk itu nantinya pasangan Jarot-Mohklis bisa memberikan bibit yang jauh lebih berkwalitas agar mampu mendongkrak hasil panen petani setempat.

Selain itu,ia juga berharap,agar nantinya pasangan Jarot-Mohlis bisa lebih memperhatikan tempat-tempat ibadah seperti masjid yang ada di desa setempat untuk bisa diperbaiki lebih bagus lagi dan warga bisa beribadah lebih nyaman dan khusuk.

Sementara itu,harapan dari warga lainnya kepada pasangan Jarot-Mohklis,agar infrastruktur seperti jalan perkampungan dan jalan usaha tani yang ada di wilayah moyo hulu bisa lebih diperhatikan lagi karena saat ini masih banyak desa-desa yang berada di moyo hulu belum bisa menikmati jalan  yang layak dan selama ini warga cuma dijanjikan tanpa ada realisasinya.(bs/sf).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here