Beranda Ekonomi

Kabar Gembira,Pemerintah Pusat Gelontorkan Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro Dan Kecil Di Sumbawa

3
0

Kabar Gembira,Pemerintah Pusat Gelontorkan Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro Dan Kecil Di Sumbawa

Sumbawa – Dalam rangka membangkitkan ekonomi nasional, Pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi akan memberikan Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) yang ada di Indonesia sebanyak 12 juta pelaku pengusaha pasca pandemi Covid-19.

Sebelumnya Presiden saat menyapa para pelaku usaha penerima program BPUM di Istana Negara, Provinsi DKI Jakarta.

“Sekali lagi, Banpres Produktif ini perlu saya sampaikan ini adalah hibah. Bukan pinjaman, bukan kredit tapi hibah.

Saya harapkan Banpres Produktif ini digunakan betul-betul untuk tambahan modal untuk menambah barang-barang dagangan,” ujar Presiden saat meluncurkan program BPUM di Istana Negara, Provinsi DKI Jakarta, Senin (24/8).

Saat peluncuran kali ini, Presiden sampaikan memberikan kepada 1 juta usaha mikro kecil. “Kita harapkan nanti di akhir Agustus akan dibagi kepada 4,5 juta usaha mikro kecil, akhir September 9,1 juta, dan setelah itu 12 juta.

Jadi totalnya nanti 12 juta usaha mikro kecil yang akan diberikan Banpres Produktif ini, sebesar 2,4 juta,” kata Presiden.

“bantuan tersebut nanti dananya akan langsung ditransfer tidak melalui pihak lain tetapi langsung ke rekening penerima,” pungkasnya

Sementara itu, di Kab. Sumbawa ada 4125 pelaku usaha yang datanya sudah diberikan ke Kementerian. Pendataan dilakukan sesuai permintaan Menteri Koperasi dan sudah dilaporkan juga ke Dinas Koperasi Provinsi dan BPKP Provinsi NTB.

“Total pelaku usaha yang disampaikan ke Kementerian berdasarkan data yang masuk berjumlah 4125 dan sesuai juknis, Data itu harus berdasarkan NIK dan kontak person,” ujar Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumbawa
Haji Arif, M.Si., beberapa waktu lalu diruang kerjanya.

“Bagi para pelaku usaha nanti yang mendapatkan bantuan tersebut, bisa menjadi awal kebangkitan kembali menjalankan usaha,” ungkapnya.

Kendati demikian, Kata Haji Arif, Dalam pemberian bantuan tersebut, Pemerintah pusat akan memberikan batuan lewat rekening dan dana yang akan didapatkan oleh pelaku usaha sebanyak 2,4 juta.

Adapun total sebanyak 4.125 pelaku usaha yang diusulkan ke Kementerian, Diverifikasi kembali oleh BPKP, Dia berharap semoga bisa masuk semua dan pelaku usaha mendapatkan dana dari Kementerian.

Ia juga menambahkan, Peruntukan dana khusus UMKM, IKM dan Koperasi yang terdampak Covid-19 yang ada di Diskoperindag itu agar menghidupkan kembali ekonomi yang lesu karena Covid 19 terhadap pelaku usaha.

Ia berharap kepada masyarakat saat melakukan usaha harus melihat peluang usaha dari usahanya. Mari kita berinovasi untuk membuat usaha yang akselarasinya lebih cepat, Karena setiap usaha yang paling penting itu adalah melihat peluang pasar dan profitnya. tutupnya. (bs/sf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here