Beranda Pemerintahan

Pemda Tuntaskan Pembayaran Ganti Rugi Lahan Pasar Seketeng

12
0

Sumbawa-Pembayaran ganti rugi lahan Pasar Seketeng terhadap masyarakat pemilik lahan akhirnya tuntas setelah pemerintah kabupaten sumbawa menitipkan pembayaran ganti rugi lahan pemilik dari salah seorang warga yang dititipkan di Pengadilan Negeri (PN) Sumbawa.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabag Pertanahan Setda Sumbawa, Khaeruddin, SE., M.Si mengatakan bahwa saat ini Pemda Sumbawa telah melakukan ganti rugi melalui tahapan persidangan guna penitipan ganti rugi pengadaan tanah Pasar Seketeng di PN Sumbawa.

Hal tersebut sesuai undang-undang, ganti rugi yang bisa dititipkan melalui Pengadilan Negeri jika tanah yang dimaksud masih ada kendala atau berperkara, masih disengketakan dan sertifikatnya dijadikan jaminan di bank.

“Kemarin ada satu bidang lahan yang sertifikatnya dijaminkan ke bank, Kebetulan pemilik lahan sudah membuat surat pernyataan agar ganti ruginya dititipkan di Pengadilan,” terang Khaeruddin didampingi Kasubag Pengadaan Tanah, Bagian Pertanahan Setda Sumbawa, Surbini, SE, Selasa (17/3/2020).

Lebih lanjut, Khaeruddin mengatakan bahwa luas lahan tersebut sekitar 12 meter persegi dengan jumlah ganti rugi sesuai perhitungan apprisal sebesar Rp 50 juta lebih,sedangkan untuk Pasar Seketeng dilakukan pengadaan sebanyak 39 bidang tanah dengan luas keseluruhan 22 are.

Dari 39 bidang tersebut, satu bidang tanah tidak bisa dibayarkan ganti ruginya, yakni lahan seluas 166 meter persegi. berdasarkan penelusuran di lapangan, ternyata tanah itu sudah dilepaskan untuk kepentingan umum yang dijadikan gang.

“pemda Sumbawa belum bisa memberikan ganti rugi. setelah penetapan Pengadilan mengenai penitipan ganti rugi, jadi proses pengadaan tanah untuk Pasar Seketeng telah selesai”ujarnya. (bs/sf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here