Beranda Sosial Budaya

Dukung Penghijauan,DLH Salurkan 2000 Bibit Trambesi Dan Mahoni Di Lunyuk

87
0

Sumbawa Besar-Upaya Pemerintah dalam menghijaukan kembali hutan dibeberapa kawasan yang ada di kabupaten Sumbawa yang saat ini kondisinya sangat memperihatinkan akibat pembalakan liar oleh sejumlah oknum masyatakat belum lagi maraknya pembukaan lahan baru untuk areal pertanian khususnya jagung.

Pemerintah kabupaten sumbawa melaui Dinas Lingkungan Hidup(LH) menyalurkan bantuan berupa bibit sekitar 2000 biji bibit tanaman bernagai jenis di kecamatan Lunyuk kamis (13/02/2020).

Bibit yang disalurkan oleh Dinas Lingkungan Hidup seperti bibit trambesi,mahoni dan bibit lainnya,KPH Brang Beh selaku perwakilan Dinas Lingkungan Hidup menyerahkah bantuan bibit tersebut kepada tim Lembaga Alam Nusantara.

Saat ini KPH Brang Beh kecamatan Lunyuk sudah menyemai bibit sekitar 24 ribu dan bibit yang sudah disemai sudah dibagikan secara gratis kepada masyarakat untuk ditanam disepanjang jalan dan di tanam di lingkungan sekolaj-sekolah dan sebagiannya lagi diberikan kepada Lembaga Alam Nusantara untuk ditanam dilokasi yang saat sudah sangat memperihatinkan.

Kepala KPH Brang Beh Kecamatan Lunyuk,H.tunggul wiatno Shut.mp saat pemyerahan bibit bantuan mengatakan, bahwa bibit yg di ambil dari dinas lingkungan hidup akan di turunkan di lokasi penghijauan di dusun mekar sari desa perung kecamatan lunyuk,untuk di serahkan ke tim LAN untuk dapat di tanam pada tempat nya dan di bagikan ke masyarakat,dalam rangka penghijauan Kecamatan Lunyuk.

Menurut kepala KPH Brang Beh,butuh peran dari semua pihak dalam menghijaukan kembali hutan,tanpa peran serta semua pihak dan kesadaran masyarakat menjaga dan melestarikan hutan maka bencana alam seperti banjir akan selalu mengancam.

“ini bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah dalam menjaga dan melestarikan hutan kita,melainkan kita semua memiliki tanggung jawab agar hutan kita tetap terjaga kelestariannya dan bencana alam seperti banjir tidak akan terjadi kalau hutan kita sudah kita jaga secara bersama,”ujar tunggul.

Ia berharap dengan disalurkan berbagai macama jenis bibit ini di kecamatan Lunyuk kedepannya bisa tumbuh serta dapat meminimalisir kerusakan hutan yang terjadi saat ini dan masyarakat bisa lebih sadar untuk tidak merusak hutan.

“menjaga kelestarian hutan sangat penting,kalau hutan kita bagus dijaga kelestariannya maka manfaatnya sangat besar untuk manusia,karena hutan memiliki sumber yang begitu banyak,mulai dari sumber air,madu hutan,rotan dan lainnya,untuk mari kita jaga hutan dan berhenti kita merusak hutan,”ajak tunggul.

Sementara itu, ketua Lembaga Alam Nusantara,Mulayadi mengatakan,sangat mengapresiasi bantuan bibit yang diberikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Melalui KPH Brang Beh di kecamatan Lunyuk,karena ini merupakan bantuan jangka panjang untuk generasi kita.

“Dengan menanam pohon menjaga dan melestarikan hutan adalah warisan terbesar yang akan kita berikan kepada anak cucu kita kelak,”kata mulyadi.

Lembaga Alam Nusantara sendiri sejak bulan oktober lalu hingga saat ini ada sekitar 40 ribu bibit berbagai macam jenis yang sudah ditanam dan program penghijauan di kecamatan lunyuk,untuk penanaman bibit-bibit tersebut,seperti di kawasan hutan yang tergolong rusak akibat oembalakan liar,disepanjang jalan,sungai,dan pantai.

“kami bersama masyarakat lunyuk sejak oktober lalu sudah melakukan penanaman berbagai jenis pohon dibeberapa lokasi dan ini akan terus kami lakukan dan mengajak semua masyarakat untuk tetap perduli terhadap kelestarian hutan kita,”ujarnya.

Mulayadi juga mengatakan,bahwa saat ini,untuk penghijauan di kecamatan lunyuk masih mebutuhkan bibit sekitar 200 ribu bibit agar bisa mencapai penghijauan maksimal sesuai dengan target yang diharapkan.(bs/aj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here