Beranda Pemilu

KPU Sumbawa Haruskan Calon PPK Kuasai Teknologi Informasi

79
0

Sumbawa Besar-Menjelang pemilihan kepala Daerah serentak tahun ini yang jatuh pada tanggal 23 september 2020 mendatang,Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa Merekrut anggota Petugas Panitia Pemilu Tingkat Kecamatan atau PPK.

Dalam perekrutan anggota PPK,KPU sumbawa melakukan tahapan tes terhadap calon anggota PPK,seperti tes tulis,tes komputer dan tes wawancara.

Ketua KPU Sumbawa Muhammad Wildan yang ditemui disela-sela kesibukannya sabtu (9/02/2020)mengatakan,bahwa perekrutan calon anggota PPK sebagai bentuk persiapan menghadapi pemilihan kepala Daerah tahun ini.

Menurut ketua KPU sumbawa,berbagai tes yang dilakukan terhadap calon anggota PPK ini untuk melahirkan anggota PPK yang handal serta berkualitas dan mampu bekerja secara profesional.

“untuk calon anggota PPK yang kami rekrut dan seleksi saat ini dalam tes wawancara kami ingin memperoleh dan mengkaji dari calon-calon PPK tentang pengetahuan kepemiluannya tentang intergritas tentang pengetahuan wilayahnya dan yang lebih penting tetang pengetahuan mengoperasikan komputer,”kata wildan.

Ia menambahkan,bahwa anggota PPK harus bisa dan menguasai tehktonologi komputer dalam melaksanakan tugasnya nanti dikarenakan dalam seleksi calon anggota PPK pihaknya mengedepankan paham kepemiluan dan paham akan mengoperasikan komputer.

Tugas PPK nantinya akan melaksanakan semua tahapan Penyelenggaraan Pemilu di tingkat kecamatan yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota,menerima dan menyampaikan daftar pemilih kepada KPU Kabupaten/Kota.

Melakukan dan mengumumkan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu anggota DPR, anggota DPD, Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPRD Provinsi, serta anggota DPRD Kabupaten/Kota di kecamatan yang bersangkutan berdasarkan berita acara hasil penghitungan suara di TPS dan dihadiri oleh saksi Peserta Pemilu.

Melakukan evaluasi dan membuat laporan setiap tahapan Penyelenggaraan Pemilu di wilayah kerjanya. melaksanakan sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu dan/atau yang berkaitan dengan tugas dan wewenang PPK kepada masyarakat.

Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,dan melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“dari tugas-tugas yang akan menjadi tanggung jawab PPK nantinya,kita harus menseleksi calon anggota PPK secara profesional dengan beberapa tahapan yang sudah dilakukan dalam menseleksi calon anggota PPK,”Ujarnya.

Menurut wildan,ada sekitar 420 orang yang mendaftar sebagai calon PPK dan jumlah ini sangat meningkat dari tahun sebelumnya.sementara anggota yang bakal direkrut setelah melalui beberapa tahapan tes yang dinyatakan lulus oleh KPU dumbawa untuk ditempatkan di 24 kecamatan sebanyak 120 orang.

Untuk tes wawancara calon anggota PPK ini akan berlangsung selama 3 hari kedepan, sementara yang melakukan tes dan menguji para calon anggota PPK dilakukan oleh semua komisioner KPU sumbawa.(bs/sf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here