Beranda Ekonomi

Pertumbuhan Dan Perkembangan UMKM Di Sumbawa Terus Meningkat

18
0

Sumbawa-Dalam upaya menjaga stabilitas perkonomian di daerah Kabupaten Sumbawa, Diskoperinda kini terus berupaya dalam membina para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), baik yang berbasis ekonomi kreatif maupun non ekonomi kreatif merupakan pelaku usaha terbesar di Kabupaten Sumbawa.

Sementara itu, saat ditemui Jumat (31/1), Kepala Diskoperindag Kabupaten Sumbawa H Arif, M.Si Mengungkapkan, bahwa laju dalam pertumbuhan perekonominan masyarakat cukup baik, dan sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan sejumlah para pelaku usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berbasis ekonomi kreatif maupun non kreatif yang cukup signifikan. Terkait hal tersebut, berdasarkan data yang ada, jumlah UMKM yang ada di Kabupaten Sumbawa sampai saat ini seluruhnya mencapai 12.648 unit usaha.

Selanjut H Arif menjelaskan, bahwa dari jumlah tersebut, pada tahun 2018 terdapat 1.255 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) telah terbentuk dan pada tahun 2019 terdapat 1.009 unit usaha yang baru kembali berkembang dan terbentuk tersebut.

” Pertumbuhan serta perkembangan perekonomian masyarakat kita cukup berjalan baik dan signifikan,” ucap H Arif.

Diketahui juga pada tahun 2020 ini, pemerintah daerah melalui Diskoperindag kembali menargetkan sebanyak 500 UMKM, kemudian akan diterbitkan IUMK-nya, namun yang sudah diterbitkan IUMK-nya sebanyak 310 UMK, terang Haji Arif.

” Negara kita merupakan pasar yang besar yang diperebutkan oleh seluruh pelaku usaha di kawasan ASEAN. Karena itu, para pelaku UMKM diarahkan untuk mampu membangun usahanya menjadi lebih baik sehingga mampu bertahan di tengah era modernisasi, kemajuan tekhnologi dan pasar bebas,” ungkapnya.

H Arif juga berharap, para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tersebut, dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam membangun ketahanan ekonomi masyarakat dan mampu berdaya bersaing.

Selain itu H Arif juga mengakui, bahwa sektor UMKM sebagai sektor usaha yang sangat penting. Pasalnya, berbagai peran yang sangat nyata baik dalam perekonomian, mulai dari sumbangannya terhadab PDRB, kemampuannya menyerap tenaga kerja, maupun besarnya jumlah unit usaha yang terlibat. Karena UMKM juga telah terbukti memiliki daya tahan yang cukup kuat menghadapi krisis ekonomi pada saat itu, pungkasnya.(bs/sf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here